Curhat Colongan

Curhat

Alohaaaa, My Lovely Readers… #lambai2alaMissUniverse #stress!! LoL Hahahaha. Oke, sesuai dengan judul postingannya, isi dari postingan ini hanya akan berupan isi curhatan saya… bukan postingan fanfic seperti biasanya… Jadi, buat yang tak ingin membaca curhatan gaje saya… mending, gak usah baca dan cari bacaan lain aja… Hehehe

Oke, saya akan memulai curhat colongan saya ini yang tentu saja tentang pikiran saya mengenai ‘keadaan’ blog My World Fanfic akhir-akhir ini…

Nah, jadi begini… suatu hari, ada salah satu readers di sini yang ngobrol sama saya di Facebook. Dia mengaku pada saya kalau dia sering membaca fanfic di blog ini, tapi dia tidak pernah meninggalkan komentarnya. Awalnya sih katanya dia seneng banget komentar di sini, tapi dia kecewa dengan sikap saya yang tidak pernah lagi membalas komentar para readers di blog ini. Alhasil, dia memilih berhenti komentar karena alasannya malas dan sakit hati karena komentarnya gak pernah di bales…

Oke, sejujurnya… saya merasa sedikit sakit hati + gak enak juga sama dia. Aku tahu, sebagai seorang author saya tidak bisa memenuhi keinginan kalian untuk membalas satu per-satu komentar kalian di blog ini…

Dan sebenernya saya pun ingin sekali membalas komentar kalian. Tapi apalah daya, dengan waktu luang saya yang semakin menipis… saya jadi tidak memiliki waktu untuk membalas komentar para My Lovely Readers yang terkadang setiap jamnya bertambah sampai 10 komentar. Bayangkan saja berapa banyak waktu yang harus saya habiskan demi membalas komentar kalian yang sudah sampai beratus-ratus? Well, saya sangat mensyukuri dan sangat-sangat ber-TERIMA KASIH pada para My Lovely Readers yang sudah dengan setia dan relanya meninggalkan satu komentar saja buat saya… Tapi, jika kalian ada di posisi saya… apakah kalian pun sanggup membalas komentar sebanyak itu? Di tambah lagi, dengan kondisi pekerjaan kalian yang masih menumpuk dan belum lagi kegiatan rutin yang wajib kalian lakukan… aku yakin, kalian pun akan kesulitan untuk membalas komentar-komentar itu… Dan tidak mungkin juga kan kalian lebih memilih membalas komentar sementara kalian membiarkan pekerjaan kalian terbengkalai begitu saja? Itu jelas mustahil!

Aku bukannya sombong atau bersikap so sibuk, aku hanya mengatakan apa adanya. Inilah yang selalu saya alami, merasa bingung antara membalas komentar kalian yang jelas-jelas adalah penyemangat saya dalam melanjutkan fanfic-fanfic saya, atau saya harus mengerjakan pekerjaan saya? Dan jelas, jawabannya adalah… Saya lebih memilih pekerjaan saya. Karena itu adalah dunia saya yang sebenarnya, sementara dunia fanfic adalah dunia kedua saya… anggaplah sebagai dunia khayalan. Tetapi saya sangat menikmati dunia khayalan ini dan saya tidak ingin meninggalkannya, karena itu jugalah, saya tetap bertahan menulis fanfic meskipun di sela-sela kesibukan waktu kerja + rutinitas saya sehari-hari…

Tapi, tetap saja terkadang masih ada yang belum mengerti kondisi saya ini dan tetap menuntut saya untuk membalas komentarnya. Iya, mungkin saya bisa membalas komentarnya, tapi bagaimana dengan komentar yang lain? Bukankah itu terkesan saya adalah seorang author yang pemilih? Bahkan untuk membalas komentar para readersnya pun saya hanya membalas orang-orang tertentu, bukankah kalian akan berpikir seperti itu jika saya hanya membalas satu atau dua komentar saja?

Well, saya bukannya tidak mau membalas komentar kalian. Tetapi mau bagaimana lagi? Waktu saya tidak memadai untuk membalas komentar sebanyak itu. Ini bukan berarti saya tidak menyukai atau tidak membaca komentar kalian. Setiap ada waktu luang, saya selalu menyempatkan diri membaca komentar kalian dan saya selalu merasa terhibur dengan seluruh komentar para My Lovely Readers di sini. Bahkan, saya selalu tertawa sendiri setiap membacanya. Serius, komentar kalian itu adalah penyemangat sekaligus penghibur buat saya. Benar-benar sangat membantu jika saya sedang kehilangan mood untuk melanjutkan fanfic tersebut. Ini serius loh yaa…

Dan saya, memohon dengan sangat kepada para My Lovely Readers di sini untuk memahami kondisi saya yang tidak dapat membalas komentar satu per-satu…

Tapi… saya sebisa mungkin akan selalu meng-update fanfic saya. Ya, anggap saja ini sebuah Barter. Saya memberikan fanfic saya secara gratis dan bahkan saya tidak mempersulit kalian dalam membaca fanfic yang di password karena saya juga sudah menyediakannya tanpa harus ada embel-embel kirim email atau apapun itu. Dan sebagai bayaran dari itu semua, kalian membalasnya dengan satu komentar kalian yang sangat berharga. Apakah itu sulit? Saya rasa tidak, itu cukup layak saya dapatkan… Lagipula, tidak ada salahnya kan meninggalkan satu komentar kalian pada sebuah karya yang telah kalian baca dan nikmati?

Sekarang saya bertanya pada kalian, jika kalian saja meninggalkan satu komentar di fanfic yang kalian baca sudah terlalu sulit dan banyak halangannya. Apalagi saya yang di tuntut untuk membalas setiap komentar yang masuk? Apalagi komentarnya itu sampai beratus-ratus, bayangkan berapa banyak hambatan yang akan saya dapat jika membalas komentar sebanyak itu, sementara kalian yang hanya meninggalkan satu komentar pun selalu ada saja hambatannya?

Tolong berpikirlah sampai sejauh itu. Jangan hanya bisa menuntut tanpa memahami kondisi saya. Jujur, saya selalu merasa tertekan jika ada yang menuntut seperti itu. Rasa-rasanya saya selalu ingin menutup blog ini ataupun menghentikan kegiatan saya dalam menulis fanfic lagi.

Saya bukanlah seseorang yang senang berada di bawah tekanan, saya lebih senang melakukan apa yang saya suka. Saya seseorang yang bebas dan tak terlalu senang akan sebuah peraturan yang terlalu mengekang, jadi saya harap para My Lovely Readers memahami dan memaafkan sikap saya ini… Maaf, saya tidak dapat membalas komentar kalian satu-satu dan justru balik meminta komentar kalian untuk fanfic saya yang tidak sebanding dengan fanfic di luar sana yang bahkan jauh lebih bagus dari fanfic saya. Tapi, seperti yang saya katakan sebelumnya tadi… Anggap sajalah itu sebuah barter, saya memberikan fanfic saya secara gratis dan kalian membalasnya dengan satu komentar saja. Hanya satu! Dan saya sudah sangat merasa terhibur dan merasa di hargai oleh kalian semua.

Dan lagi, saya paling tidak suka di tuntut untuk melanjutkan fanfiction saya dengan tempo cepat. Jujur, saya membenci hal itu! Seperti yang saya katakan sebelumnya juga, saya adalah seseorang yang bebas dan tak suka di tuntut. Jadi, dalam mengetik fanfic pun saya melakukannya dengan senang hati tanpa ada tekanan dari siapapun.

Well, yea… itu memang sudah resiko saya sebagai seorang author untuk di tuntut melanjutkan fanfic-nya yang belum rampung. Dan saya masih menerima jika ada seseorang readers yang menagih ataupun menanyakan kapan fanfic yang belum saya selesaikan akan di lanjut. Itu saya memahaminya dan malah saya senang jika ada yang bertanya, itu menunjukkan jika kalian menyukai dan menunggu fanfic saya. Dan itu benar-benar menyenangkan saat mengetahui orang-orang menyukai karya yang kau buat, kan? Aku yakin para author di luar sana pun seperti itu.

Tapi, jika kalian menanyakan dalam tanda kutip “menuntut”, bahkan dengan kata-kata yang kurang sopan dan lebih seperti kata-kata “memerinta” yang jelas seolah menuntut sang Author untuk melanjutkan fanfic tersebut, itulah yang saya sangat tidak suka! Jujur saja, rasa-rasanya saya ingin berteriak pada orang tersebut dan bilang padanya “Kalau begitu buat saja fanfic-mu sendiri!”. Serius! Saya benar-benar membenci orang seperti itu… (“-___-)

Seperti yang kalian tahu, membuat fanfic bukanlah sesuatu yang mudah. Memang, itu hanya sebuah karya kecil dan bukanlah sebuah novel yang akan di beri sebuah penghargaan. Tapi, saya juga sebagai seorang author ingin menyenangkan para readersnya dengan berbagai cerita yang menarik dan menghibur. Bukan hanya sebuah cerita asal-asalan yang di buat begitu saja lalu di publish tanpa peduli akan para pembacanya. Saya tidak ingin seperti itu. Membuat sebuah cerita, bukanlah hanya asal mengetik dan mempostingnya saja!

Jika kalian adalah seorang author juga, saya yakin kalian juga pasti mengerti posisi saya. Dimana kalian akan mendapatkan berbagai hambatan ketika mengetik, mood yang jelek lah, ide yang mampet lah, inspirasi tidak ada, dan terkadang merasa malas untuk melanjutkan fanfic itu! Dan saya sering mengalami itu semua, tapi saya tetap berusaha melanjutkan fanfic-fanfic tersebut. Karena apa? Karena saya peduli pada para My Lovely Readers yang menunggu fanfic saya! Karena saya ingin selalu membuat mereka merasa terhibur dengan fanfic saya.

Dan menulis fanfic yang dapat menghibur itu bukanlah sesuatu yang mudah! Saya bukanlah seseorang yang memaksakan diri untuk terus mengetik jika tidak ada ide dalam otak saya! Saya hanya akan melakukannya jika saya mau dan ide berjalan di dalam otak saya, tapi jika tidak maka saya akan menghentikan ketikan itu! Well, ya aku memang seorang yang moody-an dan bukan seseorang yang senang di paksa. Jadi, saya tidak akan melakukannya jika saya tidak mau. Tapi, saya benar-benar selalu merasa terganggu jika sudah ada yang menuntut saya untuk melanjutkan fanfic saya dengan cepat, terlebih dengan kata-kata yang tidak enak!

Heoll… dia pikir dia siapa bisa memaksa saya seperti itu?! Oke, mungkin bisa saja saya melakukan apa yang di inginkannya, melanjutkan fanfic tersebut dengan asal-asalan pun bisa. Tapi, jika sudah seperti itu… di saat hasil fanficnya mengecewakan, saya hindari!

Menulis fanfic asal-asalan, di salahkan oleh readers! Menulis fanfic sedikit dan tidak ada feel sama sekali bahkan kurang greget sedikitpun, kadang masih ada yang sering komplain. Serba salah bukan? Tidak mudah kan menulis fanfic? Terlalu banyak tuntutan dan keinginan dari sana-sini…

Tapi, coba lihatlah usaha kami para author untuk melanjutkan fanfic tersebut. Walau jangka waktu publishnya lama, tapi jika hasilnya memuaskan kalian semua, bukankah itu akan lebih menyenangkan? Dan kalian pun tidak akan merasa rugi untuk membaca fanfic tersebut + meninggalkan komentar kan? Karena mungkin itu sebanding dan layak untuk authornya dapatkan!

Apalagi, buat yang sudah tahu jam ‘terbang’*?* saya dalam meng-update fanfic. Saya jarang sekali mempublish fanfic di siang hari jika bukan hari libur, saya lebih sering mempublish fanfic di jam-jam malam atau pagi hari, sekitar jam 6 pagi, sebelum saya berangkat kerja atau malam hari sekitaran jam 10, 11 atau 12 malam. Yang sering pantengin fb saya, pasti tahu kapan saya update…

Jadi, di mana letak kesalahan kami para author? Kami hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk kalian dan begitu pun saya, Saya ingin para My Lovely Readers terhibur dengan fanfic saya. Fanfic yang saya buat dengan senang hati, tanpa ada tuntutan sana-sini, tanpa ada tekanan, semuanya mengalir dengan begitu saja… dan apalagi jika sudah melihat respon kalian yang tak kalah menariknya. Itu benar-benar sangat menghibur saya…^^

Maaf jika ada My Lovely Readers yang merasa tersinnggung dan sakit hati dengan komentar saya. Saya tidak berharap kalian membenci saya, saya juga tidak berharap kalian meninggalkan blog ini dan saya berharap kalian tetap bersama-sama di sini, menikmati fanfic yang saya buat dan memberikan respon seperti biasanya… Tapi, walau begitu, itu adalah hak kalian untuk menentukan… saya tidak memaksa. ^^

Saya hanya sedang mencurahkan isi hati saya di sini dan saya hanya ingin kalian semua memahami kondisi saya. Bukannya mencari simpati atau mendapatkan sebuah kata ‘pujian’ atau apapun itu, sekali lagi… saya hanya mencurahkan apa yang ada di dalam hati dan pikiran saya… dan selebihnya, silahkan para My Lovely Readers yang memilih… apakah kalian menerima dan berusaha untuk memahami kondisi saya, serta tetap tinggal di blog ini untuk menjadi bagian dari para My Lovely Readers yang sudah sangat-sangat saya sayangi dan saya cintai seperti keluarga saya sendiri, karena walau bagaimanapun juga kalian adalah sumber penyemangat saya dalam melanjutkan karya-karya saya… ^^

Atau, kalian tidak dapat menerima kondisi saya ini dan tetap menuntut? Saya rasa… jika kalian seperti itu terus, saya lebih baik mundur dan mungkin lebih baik menutup blog ini saja. Atau kalian ingin pergi meninggalkan blog ini pun, tidak apa-apa… itu hak kalian. Tapi, saya mohon untuk tidak membenci saya… Saya hanya mengungkapkan apa yang mengganjal di dalam hati saya… ^^

Dan sekali lagi saya tekankan, saya bukan berniat mencari simpati ataupun sensasi. Saya hanya ingin kalian memahami posisi saya sebagai satu-satunya penghuni di Blog My World Fanfic tercinta ini… dan saya berharap, kalian memahami curahan hati saya ini. Karena saya yakin, masih ada My Lovely Readers yang peduli dan dapat memahami kondisi saya… ^^

Saya sudah cukup mengenal beberapa My Lovely Readers di blog ini, kita bahkan sering mengobrol di account pribadi saya seperti fb, twitter, bahkan ada yang mengajak mengobrol di sms dan bbm. Dan saya berharap… kita akan bisa selalu dekat seperti itu meskipun saya telah mencurahkan pendapat saya ini… Meskipun saya tidak bisa membalas komentar kalian satu per-satu ataupun meng-update fanfic secara cepat seperti yang para My Lovely Readers inginkan…

Selebihnya, silahkan kalian yang memutuskan. Dan ini adalah akhir dari curhatan saya… Semoga kalian, para My Lovely Readers dapat memahami dan menerimanya dengan baik… ^__^

NO BASHING! AND I LOVE YOU, MY LOVELY READERS!! You’re my Vitamin and My Spirit!! So, Please… Care about me too…  #Chu+Hug ^o^

83 thoughts on “Curhat Colongan

  1. Sabaaaaaaar
    Kalau aq seeeh lebih memilih update yg lebih cepat drpada komentar dibales….
    Wkwkwkwwk
    Scara jaringan di indo gimana getooooh, jd klo mbales banyakan buffernya klo dah kebanyakan
    So… Its oke…
    Semakin banyak pembaca, semakin banyak maunya

    • Ya, kalo idenya ngalir secepat air laut sihhh… pasti updatenya cepet… apalagi kalo waktu luangnya ada… beuh… mantep!
      Tapi, apa daya? Ide kan kadang mampet + kerjaan numpuk… jadi suka lama updatenya… T__T #nangisgelindingan

  2. Tenang aja Nta, kl saya pribadi gak menuntut author untuk reply comment saya..
    Krn itu memang hak dr author dan krn author pasti punya kesibukan yg lain jd blm tentu bisa reply comment setiap orang.. Tetap semangat ya dan terus berkarya…

  3. Aku gk tau udh berapa lama jd readers di blog ini. Aku jga selalu berusaha ninggalin jejak setiap baca ff di sini. Tp maaf thor gk semua ff ya aku baca. Soalnya susah dapt feel kalau cast utama ya bukan kyuhyun kkkk…
    Kalau di blog ini ff ya gk ada id komen aku. Berarti ff itu gk aku baca.
    Kalau ada ff yg di post tp cast ya bukan kyu. Aku cukup skip aja. Gak perlu marah ke author knpa bukan cast ya kyuhyun. Soalnya mungkin si author lg gk punya wangsit buat ff ya kyu. Atau readers ya psti pengen cast ya bukan kyu aja.

    Aku selalu komen di blog ini tp gk pernh di balas. Tp aku gk pernah marah atau minta si author minta bals komen aku. Soalnya aku jga yadar kalau komen aku pasti udh di baca. Berguna atau tidak ya komen aku itu. Cuma author ya yg tau.
    Knpa hanya tidak di balas harus kesel sama si penulis.
    Kalau aku gk perduli komen ku di balas atau tidk . Aku hanya mau tau kalau author ya post ff baru kkkk….

    Tp kalau pun author ya blom sempat post ff. Berarti dia lg sibuk.

    Aku gk tau cara menghibur org thor. Jd hanya ini yg mau aku sampaikan. Intinya gk semua dr kami yg marah kalau komen ya gk di balas. Yg kami pentingkan itu adalah si author post lanjutan ff atau post ff baru hahaha…..

    • Handaaaaa… #bolehakusebutbegitu?

      Jujur yaaaah… Aku tuh selalu jatuh cinta*?* sama komentar kamu tauuuu… Kamu salah satu readers yng paling aku tngguin banget komentarnya buat muncuuuuul… >___<
      НīĬ:DнīĬ:DнīĬ:D

      Well.. Yeaaah, kalo soal gk komentar di ff yng bukan Kyu main cast-nya itu aku ngeh banget koo…
      Dan gk jdi masalah…
      Hehehe

      Dihh.. Aku gk mnta untuk di hibur, aku cmn mnta untuk pengertiannya aja gitu… Dan serius, aku slalu suka dgn komentar kamu yng apa adanya…
      Thank you saaaay… *hug

  4. Hayoo semangat saeng, eon setuju n mendukung. Seorang author hanya manusia biasa yg memiliki banyak hal yg harus dikerjakan dan diutamakan. Sbg reader or author harus saling menghargai satu sama lain.
    Ya wes, saeng tetap sabar n semangat ya… GBU

  5. sabar ya chingu🙂
    klo aq si yg penting update ff’y sering N ga bgtu lama hehe….
    klo masalah komen’y di bales apa ga itu si terserah chingu aja..
    lagian kn qta jg pst pny bnyk krjan lain yg lbh pnting.
    jd klo buat aq si ga masalah chingu..
    tetap semangat chingu N keep writing🙂
    anggap aja kritik yg masuk jd bahan pembelajaran untuk jd author yg lbh baik lagi.

  6. =DJiiiĄA̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊aª°˚˚°ªa@̤̥̣̈̊̇ɑ̣̣̝̇̇ǎ̜̣̍H̶̲̅ …. Orang yg aneh. Dia kan cuma sendiri, cuma ngasih 1 komentar. Lhaaa dirimu kan yg ngasih komentar banyak aja. Gimana gak keriting tuh jari kalo diwajibkan membalas semua komentar satu per satu.

    Dijadikan masukan aja, jangan dimasukin ke hati.

    Yang sabar aja yaaa, orang sabar dompetnya besaaaarrt ┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼ee..

    Malah lbh setuju dgn komentar diatas,@Umi_ali, drpd dirimu riweuh balesin komentar mending updet ff.

    Lgpl kegiatan kan tdk melulu buat ff, pasti ada kegiatan akademik atau pekerjaan atau keluarga.

    Happy writting!!!

  7. HAJAR NTA…../eh?

    ckckck……brasa bca ff aku
    KEREN…! xDD

    iya sih…jd author senior itu mmg tantangan dan resikonya besar.dikejar2 fans…/ditabok nta/

    yah,sabar ntaaaa…..respon reader itu 50:50 lah…sebagian ngerti sebagian enggak.sebagian suka nuntut,sebagian lg ya ngikuti authornya.

    jd mw gimna lg,cma bs menghela napas panjang plus elus dada mimi/mimin aja lah… /kabur/

    intinya,mna enaknya nta aja lah.jgn kebw pikiran,ntr mlh stuck pla itu ffnya../modus/ xD

    lgian yg protes kan cma 1 yg dukung itu bejibun.dont worry lah nduk…./hugppopo

    emmuaach…;p

    • (¯―¯٥)
      Serius… Tapi rasanya pengen nendang Oma! #eh?!
      Ngapain itu ngelus dada MIMI, HUH????!!!
      *KICK!!!!

      Aniweiiii… Bener apa yng di katain Oma…
      ♣:)ƭћǟπƙ-Ǚ<3ƭћǟπƙ-Ǚ:)♣,,,, *chu+hug

  8. Ne author aku mengerti🙂 gk mngkn kamu membalas semua komentar raeders. Tpi bgiku tak masalah, selagi km ttap sempatkan wktu untk post ff baru..dan bsa mnghbur sy dgn mmbaca tlisan km..itu sdh lbih dri ckul..dri pda sma skli km gk post ff bru krna sbuk ?? Hayooo…jdi sku sdh puas dgn tlisan” bru km dan mmberi komentar mski km tdk bals..gk apa kok🙂
    D tnggu yah karya” selanjutnya..
    #fighting😉

  9. Mrk yg ga bs mnm4kn dri jk ruz jd org laen..ssah u/ bs mkir jauh..
    mgkin u/ author komenlah ssdh ff ending..mgkin bs d bkin page ky gni..u/ skdar ucpn trmksih to smua yg dah komen
    (Bila anda berkenan..ga jg gpp..ga asik maksa“)
    just keep spirit for all..sllu d tnggu krya“ny

  10. Kalo saya gk permasalahin soal author mau ngebales ato nggak. Itu hak author
    Tapi maaf saya comen cuma yang cast nya Kyuhyun hehehe..😀

  11. Sabarr eon,, itu salah satu resiko jd author kan… Biasanya sh semakin bagusss autjor nya smkn bnyk yg cr2 gara2 jg hahahhhaa.. Anggap aja begituu….

    Fighting eon (๑و•̀Δ•́)و
    Keep writhingggg (づ ̄ ³ ̄)づ

  12. Haduuhh, eon, jd ngrasa gak enak ini,
    soalnya, akhir2 ini bisa bc ff mu lewat hp,
    dan komen dr hp ku itu susah, alhasil jd gak komen, maaf ya eon,,
    sbnernya buat aku pribadi komen gak di bls itu gak masalah,

  13. Aku juga ngerti lah kalo onnie gk bisa balas satu satu komentar nya.
    Malahan aku gk enak, kalo gk komentar.
    Abis bingung mau komen apa.
    Tapi aku tetep kok komen melulu.

  14. puk puk unniee,,, hehehe
    saya bisa ngerti kq unn,,, tapi aq salut lho sama unnie😀
    soalnya walaupun unnie sibuk si selalsela pekerjaan unnie,, tapi unnie masih bisa nyempetin posting lanjutan ff nya,,
    aq ya unn,, 2-3 kali / hari yang selalu buka ne blog buat liat apa ff yg aq tunggu tunggu udah keluar aja ya biasa aja,, cz itu emank konsekwsi readers,, right???

    dan buat tipe author seperti unnie,, dari hasil riset saya (bukan membandingkan lhooooo unn,, )
    ff nya gak jangka lama bgt buat di publish,, paling seminggu / 2 minggu,, dan itu menurut saya sangat wajar,, apalagi sibukkk

    itu emank readers yang “menuntut” unnie itu mesti di kasih warning itu,,

    sekian curhatan colongan saya,, mohon maaf dan terima kasihh … mumumumu ^o^

  15. huff bacaa postingan ini ngerasa gak enak sama eonni , jujur aku sudah nemu ff ini udh sekitr 5buln lah , mulai saat itu ak sring baca ff eon dan jdi planggan ff eon , hmpir tiap 5jm skli ak ngecek blog eon untk lita ff postingan baru eon , tapi aku bukn orng yg bisa ksih komemtr yg benar dan bgus , jdi slama aku baca ff eon pasti ku komntr yg kata standar2 nya dan ngeshare ke temn yg suka ff eon juga, aku readers susah skali bikin kata2 komntr yg benar ato bermakna gtu lah. tpi ak tetap brusaha untk komtr wlaupn itu trlihat biasa2 saja -.- . mianheee eonni

    • Gak apa2…
      Aku hargain usaha kamu untuk ttep komentar d ff yng kamu baca…
      Aku lebih menghargai itu dripada tdak komen sama skali…
      Malah makasih bgt loh y udah mau baca + ninggalin jejak di blogku ini… ^^

  16. Justru unn, aku malah seneng kalo lg baca sesuatu langsung aku komen. Itu artinya aku menghargai karya seseorang. Waktu itu jg aku baca ff unn, aku jawab’a gak punya blogkan, tp pas punya aku bahkan rela baca ff unn berulang kali lalu aku komen. Ada kalanya aku SIDERS pas baca sebuah cerita dimana aku harus komen dengan blog yg bukan wp, itu aku sedih, mesti harus daftar blog baru. Memang diurutan komen kita bs memilih profil mana yg kita gunakan untk komen ada wp, google dll. Tp pas aku pilih wp komen aku gak sampai. Jd dengan rasa bersalah karna ga bs komen n aku udh terlanjur suka sm cerita’a aku SIDERS. Bener2 tipe SIDERS…

  17. Wah curhatnya panjang x lebar = luas. Hehe #lol.
    Patient eon. Stiap orang mendapat tantangan. Anggap aja itu hanya sebuah rumput yg bergoyang.
    Mungkin dia tak berpikir sampai stu.
    Eonnie tenang aja. Masih bany reader yg dpt mengerti keadaan eonnie ^_^ . Eonnie tetap smangat ngelanjuti ff nya ya ^_^ . Saeng juga akan coba brusaha ninggali komen walaupun hrus brantam dgn signal ny terlebih dahulu dan nama yg saeng gunakan berbeda2.
    Hwaiting eonnie :-*

  18. tenang aja chinggu…meskipun komentar reader kamu g bls satu2 yg penting kamunya baca commentnya dengan begitu chinggu bakalan tau apa yg kurang atau kelebihan ff kamu sehingga jadi bahan perbaikan d ff kamu nantinya… tetep semangat.. masii banyak ko yg comment ff kamu tanpa ngeharepin d bls sma authornya..
    mereka cuma menyampaikan terima kasiihny atas cerita yg kamu berikan ja, jadi jangan kecil hati..
    ttap semangatt!!

  19. meliat curhatan uni , yg sepanjang itu kaya ny unii emang udh menahan lamaa ,, tp bgus un blng ajaa karna kita akan tau semua jd klo ad yg nuntut lebih bsa mikir* lagi posisi ny

    aku gk boong sich klo comentat kita dijawab itu seneng ny gmna ,,, tp jauh lebih nyakitin lagi klo ada author yg suka milih coment buat dia jawat , dan skrng kan unii gk mau jwb karna gk bisa dan gak mau menjawab hnya beberapa org kan kita jd mikir berarti 1 aja coment gk dijawab berati emang bener* gk bisa ,,

  20. Setuju….tapi sblmnya saya ucapkan trimakasih eonni untuk funfic yg dibuat dgn penuh perjuangan ….tp maaf klo sy terkadang tdk meninggalkan koment krn kadang email tdk bs di buka entahlah mungkin hp saya yg eror atsu krn sy yg blm bisa menggunakannya ya maklum baru blajar juga klo ada waktu luang he he he….skali lagi makasih eonni funficnya bikin deg degan and sangat menarik makasih bnyak…..

  21. sabar…sabar!!!!! semakin sabar badan semakin lebar…kkkkk sorry…becanda yach biar author nya cooling down…biar gk darah tinggi gara2 reader yg begitu😉
    tenang aja…say reader yg setia n yg tdk mempermasalahkan ttg balasan comment kan masih banyak…jgn sampai blog ini ditutup hny krn seglintir reader yg begitu akan mengecewakan lebih byk reader yg fine2 aja walo commentnya gk terbalas.
    tetep narsis…ehhh salah tetep nulis tetep berkarya n tetep semangat…abaikan reader sprt itu ntik lama kelamaan pasti capek dw🙂
    klo di fb lagi dibaca aja tp gk usah dijawab…biar’in ae gk perlu di tanggepi…semarah apapun dia toh author gk bertatap muka dgn dia.
    biar dia tulis apapun protes apapun selama menurut author mengganggu blokir ae dia.
    wong dia tinggal baca ae…syukur comment gk comment jg gk apa2 toh yg comment di ff author kan msih bejibun ngapain mikir 1 org itu doang gk penting itu…say
    sorry yach…aq jadi ikut esmosi baca curhatan mu…say
    aq gk ikut di teror hny baca aja bisa darah tinggi apalagi aq jadi dirimu say…bisa2 aq kutuk dia kkkkkkkk…sorry lagi ini aq lagi lebaymodeon😉
    jujur…say gk smua ff yg ada di blog ini aq tinggalin jejak cos aq termasuk new reader di blog ini…blm smua ff aq baca…lagian blog ini favorite ku no.1
    ok’…mungkin comment ku ini terlalu mengada-ada or lebay tp ini smua aku katakan jujur dr dlm hatiku tanpa terkontaminasi dr virus luar….tetap semangat gk usah peduliin kata2 org lain n maju terus pantang mundur
    (edisi:perangdingindgnreaderpenuntutbalasancomment)

  22. yah thor jangan masukin ati. emang gue pikirin gitu aja. dibaca ya syukur gak dibaca ya gakpapa. kalo nurutin reader yang jumlahnya bejibun ya kagak bisa toh. emang kerjanya cuman mantengin leppy aja. emang pada makan komentar kalo gak kerja. pokoknya dibikin santai aja thor. yang pasti q selaluuuuuuu suka fanfic di sini thor. lup yur ff deh. smangat terus thor y jangan sampe patah semangat

  23. okeoke eon . aku mengerti keadaanmu🙂
    makasih masih sempet2nya bikin ff di kesibukan kaka ini🙂 .
    semangat terus ya ka . ^^
    jangan lupa lanjut ff yg sebelum2nya kaya ff love .
    aku nunggu kelanjutan ff mu ka :))

  24. Sifat setiap org kan beda”….
    Well semua tau klo readers di wp ini banyakkk bgt.. Ga heran mreka pada beda”,, ada yg ngerti sm author klo author itu mreka manusia .. Kerjaanny jg ga di depan wp aja.. Author jg punya kegiatan lain yg sma kaya reader” punya.. Jd sedikit tidaknya ada reader yg mengerti itu.. Bahkan kebanyakan mrka care sm authornya jg..
    Tp ada jg sih reader yg ngotot sm author yg pkoknya gmanapun cranya author harus mengupdate cerita setiap hari.. Atau melanjutkan ff yg msh kepending..
    Dari komenan” yg msh wajar bahkan haruss sampe mencaci maki.. kadang” heran sm reader yg seperti itu.. Tidak sopan sekali.. Apa begitu cara mereka meminta sesuAtu…
    Tp sy sarankan klo author ketemu reader yg ky gtu.. Mending dicuekin saja.. Dan jangan kepancing dengan hal itu.. Banyak yg berimbas autor jd nutup wp sendiri gara di bashing dan ditekan sm readernya sendiri..
    Dan banyak reader lain yg ga kaya gtu merasa dirugikan…
    Well saran saya.. Be your self saja..tetap berkarya dan menjalin komunikasi yg bagus dengan para reader jg.. Bahkan ga jarang komenan” reader jg kadang bs jadi inspirasi buat author utk nulis..

  25. Aku sejujurnya tidak pernah mempermasalahkan dibalas atau tidak ketika memberi komentar.
    Tapi emang bener, ketika kamu posting ff ~ 1 jam kemudian itu komentar udah jadi 100 lebih. Kenapa aku bisa tau? Haha~ dulu pernah aku mau baca ff kamu itu komentar cma baru 3 org, nah diakhir2 aku mau komentar – aku jd ke 103 kalo engga salah. Luar biasa sekali bukan? haha~
    Oh, iya maaf engga baca sampai akhir curhatan kamu. Panjang sekali…😀 lambat laun juga mereka pasti ngerti kenapa kamu jarang bales komentar mereka.. Semangat 9^o^9

  26. gpp,malahan aq yg minta maaf jrg komentar,kdg jengkel sendiri ama jaringan plus hape odong2ku g mau kompromi,keseringan g nyampe komentarku hehe

  27. Itu namanya reader kagak tau trima kasih say, yah cuekin aja, kami readers yg lain ngerti kok keadaan ini, dan hanya berharap tiap komen kami bs jadi masukkan atau inspirasi buat lanjutan ff berikutnya, jangankan sampai dibalas komennya, author yg menyempatkan diri buat publish ff baru aja kita udah seneng banget jd mohon bersabar n diabaikan aja org-org sperti itu, keep writing ^^

  28. sabar thor. anggap aja itu kerikil yg gk penting. haha. keep writing thor. eh thor minta pin nya dong ^^ ato invite pin aku 7490D7D7. haha

  29. Authorku chayank…sy ngerti kok sm problem km, sy pribadi ngak masalah kl komenku ngak dibales soalnya km udah berbaik hati dgn tdk mempersulit masalah password..jd santai aja lagee hehehe

  30. heumm jujur aja akusih gak terlalu mempermasalahkan masalah itu, cukup dengan eonni yg selalu welcome dan gak punya sifat yg meledak2 aja aku udah kasih point bintang buat kamu dan blog kamu, kadang aku gak suka aja sama sifat author2 yg suka meledak2 diluar batas ke semua sosial media,saya tau karyanya bagus tapikan yaa namanya orang pasti selalu ada aja kekurangannya.. jadi untuk eonni harus tetep senyum dan semangat nulis terus yaa walau ada aja orang diluaran sana yg kasih kritikan semangaaattt!!🙂

  31. Ga usah di pikirin..santai ajaaaa🙂 yg penting terus berkarya.. Masih banyak yg suka kok sama ff yg kamu buat..dan mereka ga masalah kan klo comment2 mereka ga di bales…. Hehehe.,
    Semangaaatt terusss yahhhhh…^^

  32. sabar yaaa thorrrr….klu saya tidak dibalas komen tidak masalah,..saya setuju sama author..author buat ff,.sbgai reward’y ya say koment.. baru beberapa ff yang kubaca di wpmu thor..mudah2 bisa kubaca semua heeee….heeee..ocelah author tetap semangat yaaaa..

  33. .yg sabar .. jdi’in pengalaman ajja .. nah klo qm udch ngomong gni kn .. brarti sdah ad kesepakatan antra author n readers ..
    .jdi klo msih ad readers yg komplen .. brarti dia egk bisa baca ni ‘Curhat Colongan’..
    .ttp berkarya ok ? FIGTHING !!
    .annyeong ..

  34. semangatttt ka, sumpah semangatttt pukpukpuk, tidak butuh balesan komentar yg penting hidupmu semangatttt salurkan hobi mu membuat ff dan saya fans pembaca setia mu okayyyyyy

  35. Ud cuekin aj thor….
    mati satu tumbuh seribu….
    jgn cmn gara2 sglintir reader yg labil blog nie mpe ditutup.
    nie salah satu hiburan pengganti telenovela yg ud g beredar didunia pertelevisian indonesia. Fighting….

  36. sabar yah chingu hihihi….
    well nulis ff itu emg susah bgt…
    q sndiri aj ngerasain..
    klo q semangat nulis sih ada.. tp otak nya yg gk ada ide buat nulis hehe…
    hanya org2 tertentu saja yg di beri kelebihan oleh tuhan buat menghasilkan karya…
    sperti nulis ff kyk kmu gini chingu…
    jdi tetep semangat ya?
    pliiis jgn tutup blog ini…
    karna q pembaca setia disini…
    gomawoyo^^

  37. yah author saya memahami..reader kyk gtu mang gk bgt.meski q bukan penulis dan hanya hobi baca..tp ttp aja klo liat orang kyk gtu empet jg.. semangat ya author. salam kenal dari saya..maaf jg sdh main masuk keblog ni tanpa ijin dulu..hehee..q suka ff’a bgs” jg ngena bgt..
    boleh donk tau fb’a author pengin kenal..

  38. yang semangat ya author… aku kan setia ninggu undete ffnya…
    setiap orng kan memiliki kesibukan apalagi kalau udah kerja tau masih sekolah..
    semangat trus ya.. hwaittting🙂🙂🙂

  39. helloooo thor aku readers baru nih hehe.iya kok aku maklum dan sebisa mungkin nanti aku bakal ninggalin jejal di ff yang aky baca di disini thor ^^

  40. aku ngerti kok eon *tepuk tepuk pundak* menurut aku sih mau di bales mau engga yang penting komen sebagai menghargai karya authornya hoho mau dibales atau engga sih kalau buat aku gak peduli amat, yang penting bisa ngerhargain authornya yang udah bikin karya itu hoho
    //ceritanya lagi bijak// hoho
    fightiiiiiiiing eon //^^\\

  41. Hohohoo tenang aja thor , aku pasti akan selalu setia menunggumu/?
    Update ff nya ga usah ngebut gpp kok^^ perlahan tapi pasti aja ㅋㅋㅋㅋ
    yg sabar & tenang ya thor dalam menghadapi cobaan hidup /?
    Semangaaattt ( ‘o’)/

  42. haduhhhh pasti dehhh author sedihhh bingittt

    tp klo mnurut akikah sama ke author ..lgian coment pra readers jg pst di bca ama author kann..ya pasti seneng lah coment kt dibls author ,, tp kita jg ngerti bnget ko gmna sulitnya buat ff trus ngadapi readers yg kdng nuntut yg aneh2..

    ga usah terlalu di pusingin dehh itu cobaan jd author jdddd
    keep writing N fighting \(^^__^^)/

    Chuuu author NtaNtie
    (bener ga tulisannya -_-)

  43. setuju banget eonn,.. tentu semua orang pasti mengutamakan dunia.nya yg nyata,..
    semangat,.. jangn putus asa,.. jangan tutup blog.ini,.. aku masih pengen baca karya2 tulis eonni selanjutnya,…yg selalu berhasil buat aku greget,..
    aku bakal setia kok nunggu fanfic2 eonni,..
    hwaiting eonn,.🙂

  44. Nah suka bete tuh kalo ada reader yg ky gitu semakin diteken buat cepet2 malah semakin ilang moodnya…
    Reader yg ky gtu yg bikin banyak author mutusin bwt nutup blognya….
    Authornim yg cantik jangan ampe ky gitu ya? Kita reader yg baik ini selalu ngedukung yg terbaik bwt author ko.. Mw lama ato cepet bakal kita tunggu ko..

  45. Fighting sist ^^ jgn tutup wp ini please u.u hmm , aku si pribadi kdng sering kritik ff orang . Tp ga berani pedes . Karena aku sadar diri . Gabisa bikin ff . Karena itu susah -_-

  46. Eoni yg sbar y punya reader yg nuntut bgtu juga.. wlu pn aq cma reader tpi klu udh denger curhtn bgni.. bnran deh aku benci bgt ma readers PENUNTuT ky bgtu.. krn apa? krn mereka tu bikin author nge-down.. mrk ga prnah mikir Author juga Manusia bkn Robot yg trs bikin FF ! punya kehidupan nyata yg harus dijalani bukan cuma khayalan ky FF yg psti akhirny Happy Ending krn mau nyenengin Readers-ny.
    Dan, jujur aja mslah kya gini tu udh sering d dunia per-FF an *setahu aku y.. mlah ada author yg udh sya kenal. Dia menutup Blog dan semua aplikasi Socmed ny.. trs karya2 pun dia hapus.. pdhal karyany tu bgus bgt pnuh inspirasi dn krn tu juga bnyak yg plagiat FF-ny.. *sedih bgt klu udh inget author itu..
    Dan aku harap Eoni ga ngambil keputsn terkahir utk tutp blog ini krn da reader penuntut bgtu. krn pst bkin kmi para readers sedih..
    Saran aku sih Eon, ga ush terlalu d tanggepin readers penuntut kya gtu, sekenanya ajalah klu jwb juga.. hrs d mafhumin kyanya reader penuntut itu msih anak2 labil yg bnyak wktu kelabilan-ny (?)..
    Oke, kyany aku komen panjang amt y kya kereta Shinkansen.. hehe.. mian, trbwa emosi juga tdi.. *mafhum lagi dapet bulanan juga.. kke ~~ #bow

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s